Baturaja News

Berita Terkini Seputar Baturaja

Senin, 21 November 2016

Kata Peneliti Bahaya Merokok Bisa Buat Kanker

Ilustrasi
Baturaja News, Perilaku Merokok adalah suatu kegiatan atau aktivitas membakar rokok dan kemudian menghisapnya kemuadian menghembuskannya keluar lalu dapat menimbulkan asap yang juga dapat terhisap oleh orang-orang disekitarnya. Rokok memang sudah merajalela dan tidak dapat dihentikan penyebarannya. Kita juga tidak dapat pula lepas tangan tentang bahaya yang disebabkan oleh rokok. Sekarang ini perilaku merokok banyak dihinggapi pada remaja, karena remaja memiliki rasa penasaran atau rasa mencoba. Padahal kata peneliti merokok saat remaja membuatnya beresiko kena masalah kesehatan yang serius karena masih berada pada usia pertumbuhan. 

Dilansir dari hasil penelitian yang dipublikasikan oleh jurnal Science bahwa Secara spesifik, peneliti menemukan 150 mutasi gen dalam setiap sel paru-paru selama satu tahun jika setiap hari menghabiskan satu bungkus rokok, sehingga menunjukkan, rata-rata terjadi 97 mutasi di setiap sel dalam pita suara, 39 mutasi pada sel faring atau tenggorokan, 23 mutasi pada sel mulut, 18 mutasi pada kandung kemih, dan 6 mutasi pada sel di lever, akibat perilaku merokok.

Setiap mutasi gen berpotensi merusak sel-sel tubuh. Entah apa yang terjadi jika konsumsi lebih dari satu bungkus rokok per hari dan Anda telah merokok bertahun-tahun lamanya.

Temuan ini sekiranya menjelaskan mengapa kebiasaan merokok bisa menyebabkan kanker. Sejauh ini merokok dikaitkan dengan risiko 17 jenis kanker.

Kebiasaan merokok diperkirakan telah membunuh enam juta orang per tahun di seluruh dunia. WHO memprediksi, lebih dari 1 miliar kematian akibat kebiasaan merokok pada abad ini.

Semoga para pelajar dan perokok tersadar akan bahaya rokok bagi kesehatan mereka dan kesehatan orang-otang disekitarnya, segeralah meninggalkan kebiasaan merokok. Sehingga kesehatan tetap terjaga dan terhindar dari penyakit yang mengancam jiwa. Bagaimana dengan anda ? (BI)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar