Baturaja News

Berita Terkini Seputar Baturaja

Kamis, 10 November 2016

Memaknai Sejarah Hari Pahlawan 10 November 1945



Ilustrasi
Baturaja News, Battle of Surabaya adalah istiilah yang terjadi pada tanggal 10 November 1945,  peristiwa sejarah Perang Indonesia melawan Tentara Sekutu yaitu Negara Inggris dan Belanda, Indonesia setidaknya kehilangan setidaknya 16.000 pejuang yang tewas dan 200.000 rakyat sipil yang mengungsi dari Surabaya, pejuang Indonesia juga banyak mengalahkan  pasukan Sekutu kurang lebih  2.000 tentara. Pertempuran berdarah di Surabaya yang memakan ribuan korban jiwa, timbulnya pergerakkan perlawanan rakyat di seluruh Indonesia untuk mengusir penjajah dan mempertahankan kemerdekaan. Kurang lebih 160 ribu jiwa gugur saat peristiwa 10 November 1945.
Paling banyak korban adalah di jalan raya Pahlawan yang saat ini dibangun Tugu Pahlawan.
Banyaknya pejuang yang gugur dan rakyat sipil menjadi korban pada hari 10 November 1945, maka Indonesia mengenang tanggal itu sebagai Hari Pahlawan sampai sekarang. Dampak dari pertempuran Surabaya sebagai pembentukan jiwa Nasionalisme Bangsa Indonesia untuk menentang kembali Dominasi Sekutu atau NICA di Indonesia. Sehingga pertempuran Surabaya merupakan Barometer dan Motivasi bagi daerah-daerah lain yang ada di wilayah teritorial Indonesia untuk melakukan hal yang sama, untuk mengusir penjajah dari bumi Indoneisa.

Adapun Makna Sejarah Hari Pahlawan 10 November adalah agar kita sebagai warga Negara Indonesia  dapat meneruskan perjuangan dari pahlawan-pahlawan yang telah rela mngorbankan nyawanya demi Bangsa Indonesia ini, walaupun sekarang kita sudah tak perlu mengangkat senjata berperang dalam mempertahankan Negara Republik Indonesia,  tetapi kita harus tetap menghargai jasa-jasa pahlawan tersebut dan melanjutkan Misi Pahlawan Indonesia yakni dengan membangun Indonesia menjadi lebih baik lagi disegala bidang.  (BI)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar