Baturaja News

Berita Terkini Seputar Baturaja

Kamis, 03 November 2016

Wisata Ke Goa Harimau


Situs Goa Harimau Kabupaten Ogan Komering Ulu
Baturaja News, dikutip dari beberapa sumber Kabupaten Ogan Komering Ulu mempunyai banyak peninggalan  sejarah  salah satunya  adalah Situs Goa Harimau terletak di Desa Padang Bindu Kecamatan Semidang Aji Kabupaten OKU , berjarak kira-kira 35 KM dari kota Baturaja . Untuk menuju Situs Goa Harimau harus menyebrangi sungai ogan melalui jembatan gantung tua, lalu menelusuri jalan setapak sejauh 4 KM melewati Sungai Haman (Aek Haman).

Sebanyak 35 kerangka manusia
kuno dari Ras Mongoloid berhasil ditemukan dimulut Goa Harimau oleh Tim penelitian arkeologi nasional (Puslit Arkenas) Kementrian Kebudayaan dan Pariwisata Republik Indonesia ,  Kerangka manusia yang ditemukan tidak lagi termasuk dalam kategori manusia purba melainkan manusia kuno. Goa Harimau pernah dihuni Homo sapiens selama lebih dari 14.825 tahun lalu.  Dikategorikan manusia kuno mengingat secara fisik bentuknya seperti manusia modern. Kemudian mereka juga sudah mengenal senjata yang dibuat dari batu, makanya juga sudah omnivora.

Menurut analisi Tim Puslit Arkenas kerangka manusia yang ditemukan di goa harimau termasuk dalam ras mongoloid karena adanya ciri-ciri morfologi yang ditemukan yaitu : bentuk tengkorak yang meninggi dan membundar (brachy cephal) dan bagian tengkorak belakang yang datar. Selain itu juga ada ciri morfologi gigi seri berbentuk orbit mata, kedalaman tulang hidung (nasal) serta postur tulang dan tubuh mereka yang khas mongoloid. Selain fosil, para arkeolog juga menemukan benda-benda bernilai sejarah tinggi seperti gerabah, biji kemiri yang telah menjadi fosil, batu pemukul serta beliung batu.  Ahli Arkeolog juga menemukan Empat kerangka Australomelanesid dikubur dalam posisi terlipat dengan paha hampir menyentuh bahu, sedangkan kerangka  Mongoloid lainnya dikubur membujur  Ada sebanyak 84 kubur yang berada di Gua Harimau dari masa dan Ras yang berbeda, juga di temukannya berbagai macam benda – benda serta berbagai peralatan, dan temuan ini merupakan yang terbanyak dan terlengkap.

Lokasi Goa Harimau lokasinya di tengah hutan, Situs Gua Harimau letaknya tidak begitu jauh dari perkampungan masyarakat Ogan Komering Ulu. Karena itu sangat rasional jika penghuni Gua Harimau yang telah tinggal ribuan tahun di dalam gua akhirnya mempunyai banyak keturunan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar