Baturaja News

Berita Terkini Seputar Baturaja

Rabu, 07 Desember 2016

Bolehkah Tidur Lagi Setelah Bangun Subuh ?

Ilustrasi
Ada pendapat yang mengatakan tidur lagi setelah bangun tidur di waktu subuh tidak dianjurkan bagi kesehatan. Pendapat ini ternyata di benarkan oleh dokter.

Di kutip detik dan dari beberapa sumber dalam temu media di Hotel JS Luwansa, Kuningan, Jakarta Selatan, dr Astuti, SpS (K), dari Klinik Gangguan Tidur, RS Dr Sardjito Yogyakarta, mengatakan tidur memiliki siklus atau arsitektur yang tetap. Selain untuk mengistirahatkan tubuh, tidur juga berfungsi untuk memperbaiki sel-sel yang rusak setelah seharian beraktivitas.

Menurut nya, siklus tidur sudah dirancang sedemikian rupa oleh Tuhan sehingga ketika kita terbangun, tubuh sudah istirahat, sudah mereparasi kerusakan, sudah mengonsolidasi memori yang menandakan kita siap untuk memulai aktivitas di hari yang baru,  
Dengan begitu jika kita tidur lagi setelah bangun, tidurnya tidak akan nyenyak karena tubuh sudah siap aktivitas disuruh untuk rileksasi lagi, Begitu bangun juga nggak enak kepala pusing, rasanya berat badannya, karena efek tidurnya yang tidak berkualitas dan siklusnya kacau," terangnya lagi.

Siklus tidur terdiri dari 4 tahap. Tahap pertama adalah fase mengantuk dan tidur awal. Pada tahap ini, seseorang sudah tidur namun masih bisa mendengar dan merasakan lingkungan sekitar.
Setelah 10-15 menit, tidur akan memasuki tahap kedua. Pada tahap ini, tubuh akan mengalami rileksasi, tekanan darah dan detak jantung pun perlahan-lahan akan turun. Otak pun mulai menonaktifkan beberapa tugas yang sulit.

Tahap ketiga merupakan fase tidur non rapid eye movement (NREM). Pada tahap ini, tubuh mengeluarkan hormon untuk memperbaiki sel-sel yang rusak setelah beraktivitas, hormon pertumbuhan dan memperbaiki daya tahan tubuh.

Kemudian yang terakhir adalah tahap keempat yang merupakan fase rapid eye movement (REM). Pada fase ini bola mata bergerak-gerak dan aktivitas otak kembali meningkat yang diiringi peningkatan tekanan darah dan temperatur tubuh. Mimpi juga biasanya dimulai di fase ini.

Dia juga menjelaskan satu siklus tidur bisa memakan waktu hingga 90 menit. Karena itu jika seseorang tidur 7-8 jam, bisa ada 4-5 siklus tidur yang terjadi. Jika kita bangun masih lemas, tidak segar dan kepala pusing tandanya siklusnya terganggu. Harus diatasi bisa dengan memperbaiki pola tidur, merapikan kamar tidur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar